Sabtu, 08 Juni 2013

Flashback ke zaman SD emang asik guys, banyak hal aneh dan lucu yang kita lakukan kalo kita inget dimasa sekarang. Main lari-larian, kuda tomplok, main karet sama bekel malah gue pernah.. Kenapa ketawa? Salah?

Gue dulu juga sering beli mainan waktu SD, gue beli anak ayam yang warna-warni, biji karet buat ngadu sama temen, komang (sejenis keong kecil dari laut) dulu gue beli juga.

Tapi lo sadar nggak, sebenernya waktu SD kita anggap semua itu mainan, padahal bukan. Mereka juga makhluk hidup sebenernya. Mari kita bayangkan seandainya mereka jadi manusia:

1. Anak Ayam.
Anak ayam yang malang, nyokapnya ngeremin telornya siang malem. Pas udah netes diambil terus dijual. Bayangin perasaan nyokapnya.. Sedih men. Kita nggak pernah tau betapa susahnya nelor, tarik nafas, tahan, tarik nafas, buang. Nelor sakit men kalo dibayangin. Kayak boker keluar batu kolar. Udah gitu apa.. Sampe di tangan si penjual si ayam dicat warna-warni, ada yang pink stabilo, ungu stabilo, hijau stabilo, kasian masih kecil udah di dandanin menor-menor. Lebih mirisnya lagi pas mau di beli anak kecil, misalnya anak kecilnya gendut, lagi makan mulutnya belepetan terus minta dibeliin anak ayam sama mamanya. "Mama, aku mau ayam itu mama.."- tunjuk si anak gendut dengan suara yang agak ngebas tanpa trebble. Kemudian semua ayampun panik, "Plis ndut, jangan gue plisss. Gue warna Pink cemen, dia aja noh yang warna Item metaaaal.. Plis jangan gue plisss.."- mohon si ayam.
"Woah, enak aja lo pink jangan gue. Ndut plis nggak usah jadi belinya, gue masih kecil makan lu banyak, nanti gue makan apaa.."- Tukas ayam lainnya.
Semua ayam panik, ciaaat ciaaattt.. Tolong-toloongggg..
Si gendutpun memilih, menurut analisa gue Umur Ayam yang dipilih si Anak ini udah nggak akan lama lagi men. Semua ayam mulai pasrah. Dipilihlah ayam yang warna merah, diberi nama Richard. Seminggu kemudian makam Richard ditemukan dibelakang rumah anak tersebut. Oh.. Malang sekali nasibnya. :'(

2. Biji karet. Diambil dari pohon karet. Biji-biji yang harusnya tumbuh menjadi pohon yang layak kini diburu untuk dijual, dan dipertandingkan secara kejam. Gue dulu sering beli biji karet, tapi sekarang gue mikir andai biji karet manusia gue kasian juga. Gue suka kalah kalo main biji karet. Gue beli gope dapet tiga dulu. Gue pilih-pilih biji karet yang bagus, gue nemuin satu biji karet yang keren sedikit berurat sepertinya dia sering angkut pasir atau semen, gue pede, gue lantik dia sebagai gacoan gue. Biji karet yang lainnya kurang bagus, tidak berurat, kayaknya dia anak komplek.
Setelah gue beli, gue ngadu sama temen gue. Gue pede dong, gue punya satu gacoan.
Biji karet tak berurat (anak-anak komplek) gue pasang duluan, jagoan kan biasanya belakangan. Biji-biji itu terlihat panik: "ah jangan gue kek yang dimainin duluan, gue belum minum susu, nanti mama gue marah kalo kulit gue lecet.."- biji karet ngeluh.
Ketika gue adu, jepret! Biji karet temen gue bilang: "Huh, segitu doang? Geli.."
Biji karet si anak komplek pun mengucapkan pesan-pesan terakhirnya.. Kini pemakamannya sudah lama nggak gue kunjungi.
Sampai pertandingan terakhir, biji karet jagoan gue juga kalah, soalnya gue lawan biji karet yang banyak uratnya. Sepertinya biji karet dia parises..

3. Kelomang ( keong laut kecil )
Ini paling kasian men, gue cuma bisa ngebahas singkat soal ini. Abisnya kasian. Lo bayangin, lo beli itu kelomang gope, terus lo pelihara, lo mainin, lo paksa dia jalan. Dan yang kejamnya tuh cara maininnya lo sengaja membiarkan dia menikmati nafas lo itu supaya dia keluar dari cangkangnya dan berjalan. Dan lo tertawa bagai manusia yang tak bersalah. Lo bayangin kalo dia jadi manusia? MANA TAHAN! -_-
Sehari atau 2 hari kemudian, biasanya kelomang keluar dari cangkangnya. Mungkin dia sadar kalo cangkangnya itu udah nggak layak lagi buat dihuni. Karena banyak udara beracun di dalamnya. Kasian..
Oh kelomangku sayang, kelomangku malang..

Itulah beberapa teman masa kecil yang bisa gue share. Semoga bermanfaat dan bisa bernostalgia sejenak. Tapi bukan ceritafikshit kalo setiap artikel nggak ada pesan didalamnya. Intinya, hargailah hal-hal lemah. Maka yang kuat akan menghargaimu, Kawan..

[@DendiM]

0 komentar:

Posting Komentar